Dinas Kebakaran Kabupaten Bogor Gelar Acara Penyuluhan dan Edukasi

Bogor.swaradesaku.com. Bidang Pencegahan Kesiap Siagaan Bahaya Kebakaran ( PKBK – red ) .
Menggelar acara Edukasi dan penyuluhan kepada Ibu-ibu dari TK. Arasit Desa Sanja Sentul (20/20 ).

Dalam acara ini Dinas Kebakaran Kabupaten Bogor lebih mengarah kepada Pencegahan Bahaya kebakaran di rumah tinggal.
Sebelum Ibu-ibu dari TK, Arasit melihat langsung praktek pencegahan bahaya kebakaran.

Dari bidang PKBK mengadakan tanya jawab dan mengenalkan tabung api sebagai alat pemadam yang seharus ada di setiap rumah tinggal.

” Tabung api sejogyanya selalu ada di rumah tinggal, pasar, moll, hotel dan Perkantoran karena tabung api ini adalah alat pemadam kebakaran ringan yang cara pengunaannya mudah dan gampang digunakan.” Ujar Heru.

Saat pewarta swaradesaku.com melakukan liputan serta melakukan wawancara dengan salah satu Ibu-ibu peserta edukasi mengatakan.
” Saya senang sekali bisa datang langsung ke Dinas Kebakaran Kabupaten Bogor ini guna melihat langsung serta menimba Ilmu yang di ajarkan oleh bidang penyuluhan tentang pencegahan bahaya kebakaran secara dini.” Kata Lina peserta edukasi.

Dinas kebakaran Kabupaten Bogor tugas dan fungsinya bukan hanya melakukan pemadaman api saat terjadi kebakaran tapi Dinas kebakaran atau di singkat dengan sebutan Damkar juga mempunyai unit Rescu yang tugasnya melakukan penanggulangan bencana Alam baik itu bencana alam Banjir dan Tanah Longsor.

Tidak hanya itu saja Damkar akan selalu siap siaga dalam membantu jika ada hewan melata ( ular ) atau hewan liar lainnya seperti anjing liar, Tawon bahkan melakukan pertolongan bagi masyarakat yang tercebur Sumur.

Damkar yang terbentuk dari masyarakat akan kembali memberikan pelayanan kepada masyarakat kapan saja.

Bidang Pencegahan Kesiap Siagaan Bahaya kebakaran yang di bawah kepemimpinan Lukman dan Agus sebagai Kasi PKBK akan selalu siap memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai tugas dan fungsi Damkar.

Seperti yang tertera di dalam Amanat UUD 23 Tahun dua ribu empat Belas jelas wajib masalah ketentraman, Ketertiban, Kenyamanan Sub urusan Dinas Kebakaran itu yang di Amanatkan.

Jadi jelas keberadaan Damkar merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari bagian kesatuan dalam Pemerintahan Daerah.

Damkar bukan hanya Pantang Pulang Sebelum Api Padam tapi Damkar Juga Siap Melayani Kebutuhan Informasi dalam pengenalan serta pencegahan bahaya kebakaran ( Han * )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *