Program Percepatan Pembuatan Akta Lahir Di Ds Parigi Mekar Kec Ciseeng Kab Bogor

    Bogor. swaradesaku.com. Akta kelahiran atau bisa disebut dengan akta lahir adalah tanda bukti berisi pernyataan yang teramat sangat penting dan diperlukan guna mengatur dan menyimpan bahan keterangan tentang kelahiran seorang bayi dalam bentuk selembar kertas yang sudah dicetak.

    Bekerjasama dengan Yayasan Pondok Kasih (Nelsy dkk) dan Yayasan Sungai Kehidupan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Bogor, pada hari Kamis, 5 September 2019 melaksanakan pembuatan akte kelahiran di kantor Desa Parigi Mekar Kec. Ciseeng.

    Selain perwakilan dari Disdukcapil Ka Bogor, Yayasan Pondok Kasih dan Yayasan Sungai Kehidupan, hadir pula Kepala Desa Parigi Pjs. H. Bagio S.Sos, Sekdes Wahyuni, Kaur Keuangan Adi Zulkifli, Syarif Hiayatullah, Hasan Azhari, Indra, Dede, Mahmur, Ismat, dan Abdul Hamid, Babinsa Mujaya, Babinmas Asep, serta linmas yang membantu lancarnya lalu lintas kendaraan di depan kantor Ds. Parigi Mekar.

    Program pembuatan akte lahir secara gratis ini sudah direncanakan beberapa bulan lalu, sehingga warga dapat melengkapi dokumen dokumen yang dipersyaratkan dari jauh-jauh hari. Sehingga pada Kamis 5 September 2019 pembuatan gratis dapat berjalan dengan baik, membuat kantor desa menjadi penuh sesak oleh kehadiran warga yang juga dari desa lain se Kec. Ciseeng.

    Tidak kurang dari 600 warga Ds. Parigi Mekar hadir untuk menyerahkan berkas persyaratan pembuatan akte lahir kepada petugas Disdukcapil Kab. Bogor. Dan ketika pukul 14.00, warga masih antri berdesakan di hadapan petugas. Berharap akte lahir yang diurusnya dapat segera selesai.

    Ketika ditemui awak media, Kepala Desa H. Bagio S.Sos mengungkapkan rasa gembiranya atas program yang diluncurkan oleh Disdukcapil di Ds. Parigi Mekar Kec. Ciseeng: “Kami selaku pemerintah desa sangat bersyukur dan berterimakasih dengan digelarnya program akte lahir gratis dari Disdukcapil dengan pihak ke tiga, dalam hal ini Yayasan Pondok Kasih dan Yayasan Sungai Kehidupan. Warga Desa Parigi Mekar memang sangat menanti program yang ditunggu-tunggu sejak beberapa bulan lalu kami ajukan kepada pihak Disdukcapil. Dan kini baru terealisasi berkat dorongan serta spirit dari kedua yayasan tersebut. Program akte lahir secara gratis ini mudah-mudahan bisa jadi contoh yang baik bagi desa-desa lain karena warganya masih banyak yang belum membuat akte lahir.” (Agustion)

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *