• Sen. Apr 15th, 2024

Cirebon.swaradesaku.com. Berbagai kegiatan masyarakat untuk meramaikan bulan suci Ramadhan di Kabupaten Cirebon , banyak sekali tradisi untuk membangunkan sahur yang biasa di jumpai di berbagai
Wilayah bisa di kemas menjadi aksi yang lebih kreatif dan atraktif.(26/3/24)

Seperti yang dilakukan warga di Kp Dusun Pancar RT 02 RW O6 Desa Kalimeang Kecamatan Karang Sembung, Kabupaten Cirebon, para remaja Kampung setempat yang tergabung dalam satu kelompok yang di pandu oleh Yadi yang di percayakan sebagai Ketua grup barisan untuk membangunkan sahur, menggunakan konsep sound sistem seadanya.

Seperti yang terlihat baru-baru ini, waktu baru menunjukan pukul 02:18 wib namun sejumlah remaja terlihat sangat antusias sekali untuk membangunkan sahur di pagi hari ini.

Dengan menggunakan pakaian biasa serta masih ada di antara mereka yang masih menggunakan kain sarung para remaja siap dengan alat seadanya serta di bantu dengan sound sistem aksi pun di mulai pada pukul 02:30 wib.

Yadi yang di percayakan sebagai Ketua grup barisan ketika ditemui mengatakan, saya akan memberikan arahan kepada anak-anak remaja untuk segera bersiap siap berjalan menyusuri perkampungan, aksi pun di mulai, mereka menyusuri sepinya jalan perkampungan di lokasi Kp Dusun Pancar, Desa Kalimeang
Kecamatan Karang Sembung, Kabupaten Cirebon.

Suara musik sound sistem mereka berhasil memecahkan kesunyian di pagi hari ini dan aksi mereka pun membuat warga sekitar terbangun untuk sekedar menyaksikan pertunjukan musik di Kampungnya ada pun sejumlah lagu-lagu yang mereka main kan seperti dangdutan, tarling Cirebon, Sholawatan, dan lagu-lagu lainya yang mereka mainkan di sepanjang
Jalan yang mereka lewati.

Yadi menambahkan, aksi ini kami lakukan untuk membangunkan warga untuk makan sahur, khususnya para ibu-ibu yang masak terlebih dahulu Agar tidak tergesa gesa nanti pada saat sahur.

Tradisi membangunkan sahur berkonsep dangdut memakai sound sistem itu juga untuk menghibur masyarakat seperti halnya anak-anak sehingga mereka bisa bangun tidur, kemudian bersiap siap melakukan makan sahur .

Tradisi membangunkan sahur ini setiap Bulan Suci Ramadhan di lakukan setiap hari guna membangunkan masyarakat yang akan melaksanakan makan sahur sehingga tidak ada yang kesiangan, demikian tuturnya.

(Putra M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *