Shalat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Qurban di Ciomas, Sesuai Prokes

Bogor.swaradesaku.com.Pelaksanaan Shalat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Qurban di Mesjid Nurussalam, Perumahan Villa Ciomas Jl Garuda Raya Desa Ciomas Rahayu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor, dipimpin oleh Ketua DKM, H Zulkifli Ibnu dengan Ketua Penyelenggara, H Yaperson, berlangsung tertib sesuai Protokol Kesehatan (Prokes), Selasa (20/7/21).

Penerapan Prokes yang dilakukan untuk mempersiapkan Shalat Idul Adha dilakukan dengan menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran Sektor Kecamatan Ciomas dibantu oleh Pemerintah Desa Ciomas Rahayu, melakukan penyemprotan sterilisasi lokasi Shalat Idul Adha dan Penyekatan lalu lintas lokasi shalat.

Dalam pelaksanaan ibadah masa PPKM Darurat tersebut, Panitia mengatur jarak shaf shalat, penyediaan masker dan sanitizer, serta mewajibkan membawa alat shalat masing-masing dan menghimbau untuk tidak bersalaman serta langsung membubarkan diri setelah selesai Shalat Idul Adha.

Shalat Idul Adha yang dipimpin oleh Ustad Mahmud sebagai Imam dan Khotib, akhirnya sukses diselenggarakan dengan lancar di tengah Jalan Garuda Raya untuk jamaah laki-laki dan di dalam mesjid untuk jamaah perempuan.

Koordinator Protokol Kesehatan penyembelihan hewan qurban, Iyep Yudiana mengatakan berbagai upaya telah dilakukan maksimal, “Kami melakukan berbagai upaya dengan maksimal dalam menerapkan protokol kesehatan, terutama terhadap 35 orang Petugas Pemotongan hewan qurban, mulai dari meghimbau penerapan Protokol Kesehatan sebulum, selama dan setelah penyembelihan hewan qurban, Penyemprotan cairan desimpektan yang diperoleh dari Pemerintah Desa Ciomas Rahayu, pembagian masker dan sarung tangan medis, hingga pemeriksaan kesehatan terhadap petugas pemotongan hewan qurban, meliputi pengukuran suhu badan, tekanan darah, nadi, pernapasan dan keluhan petugas serta edukasi kesehatan yang hasilnya alhamdulillah semua petugas dalam kondisi sehat”.

Iyep menambahkan, untuk peserta yang berqurban, selain diwajibkan memakai masker dan memakai hand sanitizer, juga maksimal hanya 2 orang yang masuk area qurban secara bergantian hingga selesai.

7 Ekor sapi dan 31 ekor kambing /domba yang diperoleh dan disalurkan warga dari wilayah RW 12,13,14 yang juga merupakan jamaah Mesjid Nurussalam Villa Ciomas, berhasil di kumpulkan, disembelih dan didistribusikan kepada sekitar 1400 KK di Villa Ciomas, dan masing-masing mendapatkan sekitar 1,5 kg daging dan tulang, yang dibagikan melalui RT dan koordinator wilayah masing-masing dan diteruskan secara door to door kepada warga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam akhir kesempatan, Panitia Penyelenggaraan mengucapkan terimakasih kepada jamaah, peserta qurban dan warga villa ciomas atas kerjasamanya, sehingga kegiatan telah berlangsung sukses diselenggarakan dengan tetap menetapkan protokol kesehatan.

(DidiS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*