Pemdes Curug, Kecamatan Gunungsindur Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Bogor.swaradesaku.com.Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap tanggal 21 Februari 2019 sejak tahun 2006 dengan motivasi utama untuk semakin baik dalam pengelolaan sampah sebagai upaya melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia.

Berkaitan dengan HPSN yang sudah lewat, namun bagi Pemerintah Desa Curug, Kecamatan Gunungsindur, Kabupaten Bogor, hingga hari ini masih ada moment untuk menggelar kegiatan yang ada kaitannya dengan sampah.

Jumat, 26 Februari 2021 Sekretaris Camat Gunungsindur Drs. Arif Santosa M.Si bersama Kasie Ekbang Kamerin La Ode, staf Imron telah hadir ke lokasi Bank sampah Desa Curug (Rw. 06) yang disambut ramah oleh Kepala Desa H. Edi Mulyadi, Ketua IPSM Nuryani yang juga sebagai TRC Kabupaten Bogor dan Satgas Dinas Lingkungan Hidup, Ketua KRL Aris Irawan, Ketua Bank Sampah Uwuh Aji Ir. Titis Yulianto, Babinsa Pelda Hambali, serta para kader lainnya.

Ketika diberi kesempatan oleh pengatur acara, Kepala Desa Curug H. Edi Mulyadi mengatakan kalau Pemdes berusaha untuk berkolaborasi dan berpartisipasi dalam meningkatkan kepedulian terhadap sampah di lingkungan.

Dalam kondisi pandemi Covid-19, kata H. Edi Mulyadi kembali, tetap mengikuti dan melaksanakan protokol kesehatan (prokes), agar dapat menghambat penyebaran virus Corona tersebut.

Sebagai orang No. 1 Desa Curug Kecamatan Gunungsindur, H. Edi Mulyadi memberi apresiasi penuh pula atas kehadiran Sekcam Drs. Arif Santosa M.Si bersama staf lainnya, juga pada penggiat lingkungan Nuryani dan kawan-kawan, karena memang suasana HPSN masih terasa, maka digelar acara meninjau lokasi Bank sampah UWUH AJI yang didirikan pada Agustus 2020. Namun karena masih kondisi pandemi, nasabah baru berasal dari Rt.01, 02, 03, 04/Rw.06 saja.

“Jangan buang sampah sembarangan, karena ada sampah ada berkah buat kita.” Pungkas Kepala Desa H. Edi Mulyadi.

“Berhasil atau tidaknya suatu bangsa, tergantung manusia itu sendiri. Kalau ingin maju harus dapat berkembang lebih baik lagi,” susul Sekcam
Drs. Arif Santosa M.Si dalam sambutan singkatnya.

Kita harus bergerak untuk mencukupi semua kebutuhan dengan berbagai cara, dengan berbagai potensi yang ada didiri kita.

Termasuk sampah yang terlihat tidak berharga. Kepedulian upaya kita untuk merubah sampah di lingkungan menjadi semakin bernilai.

Diakhir acara tersebut, Ketua Bank Sampah Ir. Titis Yulianto menjelaskan secara detail kepada Tim Kecamatan Gunungsindur mengenai keberadaan Bank sampah, dari mulai menerimaan sampah, memilah jenisnya, menimbang serta mencatatnya secara digital menggunakan komputer.

Team Bank Sampah UWUH AJI Rw.06:
Pembina: Ir. Sulhaji Jompa
Ketua: Ir. Titis Yulianto
Sekretaris: Amelia
Bendahara: Iyas Sejati
Anggota: Wahyudin, Nur Daim, Arvina, Maryanti, Mariyam.

(Rudi Erik/Agus U2M)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*