Warga Kampung Cibogo Desa Ciseeng Gelar Gotong Royong Perbaiki Jalan Lingkungan Secara Swadaya

Bogor.swaradesaku.com.Gotong royong menjadi kepribadian dan karakter dari masyarakat Indonesia. Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, kata gotong royong adalah bekerja sama untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Perilaku gotong royong dapat menyelesaikan pekerjaan dan dinikmati hasilnya bersama-sama secara asil. Gotong royong sendiri sebagai solidaritas sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, khususnya mereka yang terbentuk dari komunitas.

Ternyata sifat bergotong-royong di masyarakat saat ini tidak hilang sama sekali, karena pada hari Sabtu, 27 Februari 2021 warga Kp. Cibogo telah menggelar kegiatan gotong royong jalan lingkungan, di Jl. H. Usa Kecamatan Ciseeng, tepatnya di Kp. Cibogo Rt. 001/Rw. 003 Desa Ciseeng, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor. Jalan yang menghubungkan 2 Rt, antara Rt. 001 dan Rt. 005 Desa Ciseeng, melintasi jalan persawahan dimana mayoritas masyarakat sebagai petani ikan hias.

Hadir dalam kegiatan gotong royong betonisasi jalan lingkungan Babinmas Aiptu Haryanto, Babinsa Serka Ramun, Ketua BPD Idis, serta perwakilan warga sekitar lainnya.

Mengingat jalan lingkungan tersebut belum pernah tersentuh anggaran dari pemerintah. Maka para warga berinisiatif untuk mengadakan gotong-royong perbaiki jalan lingkungan dengan panjang +/- 100 m, lebar 130 cm dan ketebalan sekitar 6 -7 cm, dengan menggunakan anggaran murni (swadaya) dari warga masyarakat sekitar.

Dengan harapan moment betonisasi ini mampu mengikat kembali tali silaturahmi para kelompok warga. Dan juga untuk mengaktifkan lagi kegiatan gotong royong yang selama ini hampir pupus tergerus masa.

Syukur alhamdulillah, tidak disangka hasil partisipasi warga baik materi, tenaga dan pikiran bersatupadu menciptakan kekompakan. Sehingga pekerjaan betonisasi dapat di selesaikan tanpa ada kendala apapun.

Mudah-mudahan ke depannya warga dapat lebih kompak dan bisa memotivasi warga di wilayah lainnya, bahwa dengan gotong royong mendapat hikmah saling bersilaturahmi sesama warga Desa Ciseeng.

(Rudi Erik/Agus U2M)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*