RSJMM, Kesra dan Dinsos Kuningan Sambangi Panti, Dukung Produktifitas dan Kemandirian ODGJ

Byredaksiswaradesaku

Okt 24, 2020

Bogor.swaradesaku.com.
RSJMM, Kesra dan Dinsos Kuningan menyambangi Panti Graha Berdaya di Jln. Candranala Blok.Pahing RT.07 RW.02 Cinagara Kab.Kuningan guna menghadiri kegiatan Advokasi Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat Berbasis Panti/LKS sekaligus mendukung Produktifitas dan Kemandirian Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Kamis, 22 Oktober 2020, Pkl.13.00 WIB.

Beberapa ODGJ penghuni panti atau Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Graha Berdaya, sedang sibuk membuat kertas daur ulang dari limbah pelepah pohon pisang, dan produktifitas lainya seperti membuat kursi bulat, pot bunga dari limbah kain dan semen, batu bata dari pasir, keset, makanan ringan.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Endi Susilawandi, melaporkan penanganan ODGJ di Kab.Kuningan yang terkendala dengan kepesertaan JKN yang masih terbatas untuk ODGJ. Di lain hal, keberadaan LKS Graha Berdaya menjadi patner dinas sosial dalam penanganan ODGJ di Kab.Kuningan.

Sementara Aris, dari bagian Kesra Kab.Kuningan, mendukung penuh pelayanan kesehatan jiwa yang pernah dan akan terus dilakukan RSJMM untuk Kab.Kuningan.

Iyep Yudiana, sebagai Promotor Kesehatan Jiwa RSJMM, memaparkan pentingnya peran LKS sebagai rumah antara dalam penanganan ODGJ baik sebelum atau sesudah menjalani perawatan di rumah sakit jiwa, menjadi jembatan bagi keluarga dan masyarakat yang belum mampu menangani ODGJ saat darurat ataupun belum bisa menerima kembali ODGJ setelah menjalani perawatan di rumah sakit jiwa.

I Ketut Sudiatmika, sebagai Kepala Instalasi PKRS RSJMM, menekankan pentingnya pemenuhan hak ODGJ dalam penanganan fungsi-fungsi yang terganggu seperti fungsi biologis melalui terapi medis di rumah sakit jiwa, sementara fungsi sosial, fungsi kerja, dll, bisa diberdayakan dengan kegiatan yang sedang dilakukan di LKS Graha Berdaya, sebelum ODGJ kembali lagi ke keluarganya.

RSJMM siap memfasilitasi penanganan rujukan ODGJ berat yang berada di LKS Graha Berdaya khususnya dan Kab.Kuningan pada umumnya, dan mendukung pemberdayaan ODGJ dengan kegiatan produktif yang dilakukan LKS Graha Berdaya dan Dinsos yang didukung pula oleh bagian kesra Kab.Kuningan.

Graha Berdaya yang lahir pada tahun 2018, dipimpin oleh Shinta Yunia sebagai Pembina dan Lukman Mulyadi sebagai Ketua LKS, bersama 8 pengurus lainnya, saat ini mengelola lebih dari 200 ODGJ dan menpung 21 ODGJ di dalam LKS, dengan beberapa layanannya seperti : Rehabilitasi medis, Therapy okupasi, Pembinaan perilaku dan Koginitif, Terapi penghidupan, kemandirian dan sosial.

(DidiS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *