Sukabumi.swaradesaku.com. Dilokasi Desa Ciletuh, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, BKPH Lengkong RPH Hanjuang barat,membuat persemean bibit pohon kaliandra dan bibit pohon pinus, dari anggaran BUMN tahun 2020.

Pohon kaliandra dari dulu sampai sekarang batangnya di gunakan untuk kayu bakar, tapi dengan kemajuan teknologi batang pohon kaliandra bisa di jadikan biomassa, daunnya bisa di jadikan pupuk organik yang ramah lingkungan.

Andang suryana,Tantan, dan Agus gunawam, ketika di temui swaradesaku.com di pos persemean menjelaskan bahwa RPH hanjuang barat pada tahun ini membung – bung / polibek sebanyak 628,718.dengan luas tanam pohon kaliandra kurang lebih 219,37 Hektar, dengan target bibit 1,522,009.dengan jumlah bibit pokok 1,534,369.rencana tanam pada musim penghujan tahun ini antara bulan Nopember dan desember.

Lokasi tanaman kaliandra yaitu di blok hanjuang barat daerah samarang dan sekitarnya, kurang lebih tiga tahun pohon kaliandra baru bisa di tebang,pemanfaatan pohon kaliandra untuk pengganti batu bara,pengembangan tanaman biomassa sebagai sumber energi terbaru, yang ramah lingkungan dan merupakan potensi pendapatan perusahaan di luar produk kayu dan non kayu,ungkapnya.

Perhutani bekerja sama dengan LMDH ke mitraan dan bina lingkungan yang di tunjukan untuk memberdayakan masarakat sekitar, hutan merupakan bentuk tanggung jawab sosial,dan kawasan reboisasi hutan bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan hutan lestari dan berkelanjutan.

Hutan pinus di manfaatkan pula untuk res area wisata, selain pohonya juga getahnya menjadi sumber pendapatan masyarakat Desa,kolaborasi perhutani dengan masyarakat lokal dalam proses pengelolaan sumberdaya hutan, Pungkasnya.

Reporter: Yana andriana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *