Cegah Covid-19, Bupati Bogor Gelar Sosialisasi RW Siaga Ke Pengendara

Bupati Bogor Ade Yasin beserta seluruh Satuan Gugus Covid-19 Kabupaten Bogor melakukan pencegahan eksodus warga yang berasal dari luar Kabupaten Bogor dengan melakukan aksi simpatik serentak dan sosialisasikan RW siaga ke pengendara.

Aksi ini digelar di empat lokasi yang menjadi titik masuknya ke Kabupaten Bogor, yakni Pos Gadog, Puncak Pas, Cigombong, Serta Fly Over Cibinong.

“Sosialisasi kepada para pengguna jalan ini bertujuan agar mereka mempertimbangkan kembali perjalanannya menuju Bogor,” kata Ade Yasin kepada wartawan saat ditemui dilokasi, Sabtu (4/4/2020).

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini juga menindaklanjuti instruksi Presiden yang disampaikan melalui Gubernur Jawa Barat, bahwa dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona, seluruh Kabupaten/Kota khususnya di Jawa Barat agar memberdayakan potensi masyarakat dalam bentuk RW Siaga.

“Dengan intruksi itu, kami memerintahkan melalui 40 camat agar membentuk RW Siaga Corona di Kabupaten Bogor. Targetnya bisa terbentuk sebanyak 3759 RW siaga corona. Tugasnya adalah melakukan sosialisasi, edukasi dan pembatasan pergerakan keluar masuk warga, termasuk memonitor tamu dan orang-orang yang tidak berkepentingan berada di wilayah masing-masing,” ucapnya.

Selain itu, Ketua DPW PPP Jawa Barat ini menginstruksikan untuk menggiatkan kembali Siskamling serta wajib lapor 1x 24 jam bagi pendatang dengan tetap memberlakukan pshycal distancing atau jarak minimal 1 meter. Disamping, meminta untuk memasang spanduk RW Siaga di setiap gerbang kampung.

“Dengan terbentuknya gugus tugas covid-19 di tingkat RW, maka Kabupaten Bogor bisa dikatakan siaga penuh menghadapi corona, karena RW siaga ini berfungsi sebagai alat deteksi dini penularan wabah,” terang Ade.

Bupati Bogor mengapresiasi seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan seluruh potensi masyarakat lainnya yang telah berperan aktif dalam penanggulangan wabah Covid-19 di wilayahnya masing-masing; “Saya mengapresiasi warga yang telah terlibat, terima kasih kepada warga masyarakat yang sudah bergotong royong dan secara sukarela terlibat dalam RW Siaga untuk melakukan upaya-upaya pencegahan,” ungkapnya.

Ade Yasin juga menghimbau kepada warga dari luar Bogor yang ingin masuk ke Bogor untuk berpikir dua kali dan berpesan untuk menahan dahulu keinginan masyarakat demi kebaikan bersama; “Jangan sampai kedatangan anda tanpa disadari, membawa virus dan menularkannya ke orang-orang terdekat. Sayangi diri anda, sayangi juga keluarga anda,” tutup Ade Yasin.

Reporter : Ade Arfan
Editor : DidiS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *