Bimbingan Tekhnis Siskeudes Tahun 2020 Bagi Perangkat Desa

Bogor.swaradesaku.com. Untuk terciptanya tertib administrasi Desa khususnya tentang tata kelola keuangan Desa, perlu adanya sinkronisasi untuk menyamakan persepsi terkait dengan sistem keuangan Desa (Siskeudes).  Berangkat dari hal tersebut, Tim Pembina administrasi Desa tingkat Kecamatan Cigombong menyelenggarakan Bimbingan Tekhnis Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) bagi perangkat Desa se Kecamatan Cigombong.
Bimbingan tekhnis dilaksanakan pada Kamis (06/02) bertempat di Aula Kecamatan Cigombong.

Adapun yang dihadirkan pada Bimbingan Tekhnis tersebut: Sekretaris Desa, Kaur Keuangan dan Pembantu Bendahara se Kecamatan Cigombong, sedangkan dari Tim Pembina tingkat Kecamatan turut mendampingi kegiatan bimtek tersebut Kepala Seksi Tata Pemerintahan Yedi Rachmawan.

Bimtek dibuka oleh Camat Cigombong Basrowi, dimana dalam sambutan pengarahannya menyampaikan tentang siklus kegiatan yang mesti dilaksanakan oleh Pemerintah Desa terkait dengan tata kelola keuangan Desa.
Siskeudes 2.02 merupakan aplikasi resmi pemerintah tentang pengelolaan keuangan desa berbasis sistem informasi katanya.
Yang bertujuan untuk memudahkan Pemerintah Desa dalam perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban Keuangan Desa.

Seksi pemerintahan Yedi menjelaskan “Siskeudes memudahkan pemerintah desa membuat anggaran, pembukuan, dan pelaporan keuangan. Aplikasi ini juga membantu pemerintah Kabupaten untuk melakukan kompilasi, pengawasan, dan evaluasi RAPBDes. Begitu data dimasukkan, Siskeudes secara otomatis menghasilkan berbagai laporan yang diperlukan, sehingga menghemat waktu dan biaya, mengurangi potensi kecurangan dan kesalahan manusia, dan membantu agregasi data. Selain itu, perubahan aktivitas atau anggaran secara ilegal dapat dilacak dan dicegah oleh Siskeudes, ” Tukasnya.(Ade Arfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *