Puluhan Cakades Di Kecamatan Cijeruk Gelar Deklarasi Damai

    Bogor.swaradesaku.com.Puluhan Calon Kepala Desa (Cakades) dari 5 Desa yang akan bertarung pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III Tahun 2019 di wilayah Kecamatan Cineruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menggelar aksi damai di halaman kantor Kecamatan Cijeruk. Jum’at (25/10/2019).

    “Ya, hari ini kita melaksanakan deklarasi damai bagi 23 cakades dari 5 desa yang ada di Kecamatan Cijeruk yang akan mengikuti Pilkades pada 3 Nopember 2019 nanti,” kata Camat Cijeruk, Hadijana saat ditemui awak media.

    Menurut Hadijana, dilaksanakannya aksi damai tersebut bertujuan untuk mengingatkan kembali bahwa pelaksanaan pilkades di Kecamatan Cijeruk harus benar – benar dapat berjalan dengan aman, nyaman dan kondusif. Tentunya, dalam hal ini setiap tahapan – tahapan pilkades harus berjalan sesuai dengan ketentuan aturan yang ada.

    “Intinya, pilkades yang kita laksanakan nanti bisa berjalan dengan jujur, bersih dan martabat sesuai dengan tema kita hari ini,” ujarnya.

    Soal ada beberapa calon yang tidak hadir mengikuti kegiatan deklarasi damai, sambungnya, tidak menjadi masalah. Karena, meski tanpa kehadirannya tidak mempengaruhi pada rasa kebersamaan dan komitmen. Apalagi deklarasi ini hanya merupakan simbol informasi kepada masyarakat bahwa tidak lama lagi kegiatan pilkades akan dilaksanakan dan harus berjalan kondusip.

    “Tidak masalah kalau ada calon yang ga ikut deklarasi damai juga, karena mereka juga telah memberikan alasan kuat pada kita. Adapun, nanti mengenai kegiatan kampanye bagi para calon, kecamatan hanya memonitor saja. Kenapa, tugas pokok panitia pilkades tingkat kecamatan dan kabupaten kan hanya memonitor, sedangkan pelaksanaan pengawasan bagaimana kampanye berjalan baik tidaknya, kewenangan sepenuhnya ada di panitia pilkades tingkat desa,” tegasnya.

    Sementara, Kapolsek Cijeruk, Kompol Anak Agung Raka meminta kepada seluruh Panitia Pilkades se Kecamatan Cijeruk agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik serta menjaga hati nuraninya yakni mengutamakan netralitas.

    “Panitia ini sebagai penentu sukses dan tidaknya kegiatan pilkades. Karena itu, kami minta seluruh panitia untuk netral tidak memihak pada siapapun. Begitu juga para calon harus bisa mengendalikan tim suksesnya masing-masing. Untuk pengamanan, kami dari kepolisian akan membantu, tapi punya tugas disiplin dalam penegakan hukum, jadi jangan sampai dipaksa kami untuk melakukan penegakan hukum,” ungkapnya.

    Ditempat sama, salah seorang Cakades Tajur Halang, Diding Sulaeman memberikan apresiasi kepada pihak kecamatan yang telah menyelenggarakan kegiatan deklarasi damai dalam rangka pelaksanaan Pilkades serentak Kabupaten Bogor tahun 2019.

    “Mudah – mudahan dengan kegiatan ini diharapkan semua calon sepakat untuk damai. Sebab, bagaimana pun juga khususnya bagi saya pribadi sudah menghimbau kepada tim agar selalu menjaga ketertiban dan keamanan. Jangan sampai saling menjelekan atau menjatuhkan antara calon dengan calon lainnya,” tutur Diding.(Herman)

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *