Camat Rumpin ; Enam Desa Tertinggal Kini Berstatus Jadi Desa Berkembang

Bogor.swaradesaku.com. sebagai wilayah yang berbatasan dengan Tangerang, Banten, Kecamatan Rumpin, ternyata memiliki enam Desa yang berstatus tertinggal pada 2019 lalu. Namun, tahun kemarin enam desa tertinggal itu sudah berubah jadi Desa berkembang.(5/2/21)

”Dari enam Desa tertinggal bergeser hingga menjadi Desa berkembang. Sehingga Desa yang tertinggal hilang di Kecamatan Rumpin,” kata Camat Rumpin, Rusliandy.

Ia menyebut saat ini sudah tidak ada Desa yang tertinggal. Dari 14 Desa yang ada, dua Desa yang tadinya berstatus berkembang sudah bergeser menjadi Desa maju. Desa maju tersebut di antaranya Desa Rumpin dan Sukamulya.

“Status majunya Desa tersebut dilihat dari tiga Indikator Desa Membangun atau IDM. Indeks pertama dilihat dari ketahanan sosial, indeks kedua soal ketahanan ekonomi, dan indeks ketiga dari ketahanan lingkungan dan ekologi,” beber Rusliandi.

Rusliandi mengaku Pemerintah Kecamatan Rumpin mengapresiasi dengan adanya dtesa yang bergeser menjadi detsa maju di Kecamatan Rumpin pada 2021. Namun, untuk Desa Sukamulya, memiliki nilai indeks sebesar 0,7467. Sedangkan untuk Desa Rumpin memiliki nilai 0,7559.

”Saya berharap Desa tersebut bisa begeser dari maju menjadi Desa mandiri. Namun untuk menuju Desa mandiri, keduanya harus punya nilai indeks sebesar 0,807,” ucapnya.

Pemerintah Kecamatan Rumpin pun, sambungnya, optimis kondisi saat ini ada lima Desa yang menghadapi dan akan bergeser menjadi Desa maju. Desa tersebut di antaranya Desa Cibodas, Desa Gobang, Desa Rabak, Desa Sukasari, dan Desa Mekarjaya.

”Karena kelima Desa tersebut indeksnya saat ini rata-rata sebesar 0,6910. Tinggal sedikit menuju Desa maju, dan sisanya Desa yang lain bisa menyusul,” tandas Rusliandi.

(Wawan sutejo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*