Libatkan Orang Tua SD Insan Amanah Raih Apresiasi Tingkat Nasional

Malang.swaradesaku.com.Sekolah harus memaksimalkan peran keluarga dalam mendidik peserta didik. Inilah yang dilakukan betul oleh SD Insan Amanah, Kota Malang.

Sekolah ini sudah lama menerapkan keterlibatan orang tua di sekolah.

“Ya, sejak sekolah ini berdiri sudah melibatkan orang tua di setiap kegiatan apapun itu, dengan nama Forum Orang Tua Siswa sangat aktif dalam semua kegiatan baik akademik ataupun non akademik,” ucap Suhardini, Senin (25/11).

Keterlibatan orang tua yang diterapkan di SD Insan Amanah meliputi kelas inspiratif dan sekolah orangtua.”Jadi, itu beberapa contoh program kerja kita dengan orang tua namanya sekolah orang tua. Jadi orang tua ngasih materi sesuai dengan keahliannya, itu semua jelas ada laporanya berupa raport,” jelasnya.

Berbagai profesi orang tua tentunya banyak memberi dampak positif bagi siswa dan siswi di sekolah.”Kami bekerja sama dengan orang tua dari penanggulangan narkoba, bahaya aids yang sudah kami lakukan sejak dini,” imbuh Dini.

Peran orangtua yang selama ini dilakukan secara aktif oleh sekolah berhasil membuahkan hasil.

SD Insan Amanah dinobatkan sebagai Sekolah Sahabat Keluarga oleh Dirjen Paud & Dikmas.

Acara ini berlangsung di Jakarta beberapa waktu lalu. Hadir juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dalam acara tersebut.

SD Insan Amanah terpilih setelah sebelumnya mengikuti seleksi secara administrasi dan visit sekolah.”Sampai akhirnya sekolah kami dipanggil di Jakarta,” jelasnya.

Selain SD Insan Amanah, ada 21 sekolah lain yang menerima penghargaan.”Ya, selain itu juga diberi kesempatan untuk presentasi dan praktik yang telah dilakukan di sekolah kepada semua peserta penerima apresiasi,” katanya.

SD Insan Amanah dinobatkan sebagai Sekolah Sahabat Keluarga oleh Dirjen Paud & Dikmas, Kemendikbud.

Apresiasi dan penghargaan sebagai motivasi kepada dunia pendidikan yang telah menyelenggarakan keterlibatan keluarga dengan baik pada proses pendidikan di sekolahnya.”Semoga dengan apresiasi dan penghargaan tersebut dapat meningkatkan mutu dan sinergisitas sekolah dengan keluarga dan masyarakat berdampak positif bagi kualitas pendidikan di sekolah dan keluarga,”tandasnya.
Saat ini SD Insan Amanah telah melakukan kerja sama dengan berbagai sektor swasta dan negri sebanyak 30 sektor.

“Ya, selain melibatkan orang tua sekolah kami juga telah bekerja sama dibidang industri ataupun lainya itu sudah mencapai 30 rencananya akan terus kami tambah untuk kemajuan sekolah,” kata Dini.

Keberhasilan yang didapat tentunya, tak luput dari dukungan Dinas Pendidikan Kota Malang yang selalu memperhatikan SD Insan Amanah meskipun sekolah swasta.”Saya ucapkan terimakasih banyak untuk Ibu Zubaidah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang atas dukungan dan bimbingan, yang selama ini tidak pernah menganak tirikan sekolah kami, meskipun swasta tetap diberlakukan sama,” katanya.

Sedangkan dalam momen hari guru yang jatuh hari ini (25/11), Suhardini berpesan agar para guru selalu bekerja penuh dengan dedikasi.”Guru sejati adalah sosok yang mampu menyentuh hati, menyulut imajinasi, dan menginspirasi anak didiknya.

Guru teladan adalah sosok yang menyampaikan kemudahan bukan memberikan kerumitan. Guru istimewa adalah sosok yang merasa biasa-biasa saja padahal yang dia lakukan sungguh luar biasa,” pungkasnya.(Heriyanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *