• Jum. Mei 31st, 2024

Balai Penyuluhan KB Kecamatan Rangkasbitung Gelar Kegiatan Pelatihan Orientasi TPK Tingkat Kecamatan

Lebak.swaradesaku.com. Balai penyuluhan KB Kecamatan Rangkasbitung menyelenggarakan kegiatan pelatihan orientasi TPK (Tim Pendamping Keluarga) Tingkat Kecamatan.

Peserta yang dilatih sebanyak 315 orang terdiri dari Kader KB, Bidan Desa, dan Kader PKK terbagi menjadi 6 angkatan dan setiap hari di laksanakan menjadi dua kelas di dua tempat sekaligus.

Pertama di Aula Dinas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta pengendalian penduduk dan keluarga berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Lebak dan di Aula Desa Rangkasbitung Timur mulai dari tanggal 26,29,30 April 2024.

Pada rangkaian kegiatan pelatihan orientasi TPK ini di buka langsung oleh Kabid Pengendalian penduduk dan keluarga berencana Hj. Tuti Nurasiah S, KM dan Kepala Dinas DP3AP2KB Bpk. H. Abdul Rahim. S. Pd.

Kegiatan tersebut ada 3 Materi yang disampaikan, Pertama materi mekanisme Kerja Pendampingan TPK, kedua cara penginputan pendampingan melalui aplikasi ELSIMIL ( Elektronik Siap Nikah dan Siap Hamil) yang berfokus pada sasaran calon pengantin, ibu hamil, ibu pasca salin, dan balita, dan terakhir tatacara penggunaan Aplikasi VERVAL ( Verifikasi dan Validasi) keluarga beresiko stunting.

Lili Ardian salah satu Penyuluh keluarga Kecamatan Rangkasbitung dan juga pemateri kegiatan tersebut menyampaikan , “Tim pendamping keluarga merupakan ujung tombak, dalam aksi percepatan penurunan stunting, semoga dengan adanya orientasi TPK ini yang dilaksanakan setiap setahun sekali dan tahun sekarang merupakan tahun ketiga, diharapkan mampu terus meningkatkan kapasitas Kader TPK dalam melakukan pendampingan kepada keluarga beresiko stunting (KRS) sehingga angka stunting di Kabupaten Lebak bisa terus di tekan, demikian pungkasnya.

(Aweng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *