• Sen. Apr 15th, 2024

KKG Gugus Mawar 1 Adakan Kegiatan Penguatan Komunitas Belajar Dan Penyusunan Soal PTS

Oku Timur.swaradesaku.com. Komunitas Belajar adalah sekelompok guru, tenaga kependidikan, dan pendidik lainnya yang memiliki semangat dan kepedulian yang sama terhadap transformasi pembelajaran melalui interaksi secara rutin dalam wadah di mana mereka berpartisipasi aktif. Sebuah Komunitas Belajar sangat tepat jika dimanfaatkan oleh anggotanya untuk berdiskusi dalam memecahkan masalah terkait Kurikulum Merdeka yang sedang dihadapi.

Hari ini bertempat Di SDN Sumberjaya Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Mawar 1 adakan kegiatan Penguatan komunitas Belajar Serta Penyusunan Soal PTS semester genap, Kegiatan ini dihadiri Anggota KKG Gugus Mawar 1 yang meliputi Empat ( 4 ) Sekolah Dasar yakni SDN Sumber Jaya, SDN Tegal Besar, SDN Sumber Harapan dan SDN 1 Sumber Sari, Jum’at (23/02/2024).

Pada Sanbutannya Ketua Gugus Mawar 1 yang Merupakan Kepala Sekolah SDN Sumber jaya Teguh, S.pd mengatakan dalam acara KKG ini kita berkumpul guna bersilaturahmi se Gugus Mawar.

“KKG ini tujuan nya untuk Berbagi Praktek Baik, siapa pun yang punya ilmu punya pengalaman kita bagikan kepada teman-teman sehingga dalam satu gugus ini tidak ada kesenjangan. Bagi yang bisa dan yang mampu berbagi kepada teman yang lain,”ujarnya.

Teguh juga mengatakan kalau kegiatan seperti ini sering kita lakukan sering kita aktifkan hubungan kita akan semakin dekat tidak ada jarak dan dapat menyelesaikan masalah pembelajaran bersama.

“Kita satu kelompok satu keluarga saya berharap Gunakanlah dan manfaatkan lah waktu yang kita siapkan ini untuk meningkatkan mutu kwalitas pendidikan di gugus mawar ini khusunya Pendidikan yang ada di sekolah masing-masing”, ucapnya.

Ia juga menambahkan pada kegiatan ini untuk Memperkuat masalah komunitas belajar, Persiapan untuk masalah ulangan pertengahan semester.

“Tidak hanya sebatas penyusunan soal pertengahan semester saja, tetapi untuk kegiatan – kegiatan yang lain misalnya masalah CP, TP (Tujuan Pembelajaran) kita sering,”imbuhnya.

Sementara itu Ketua KKG Dariman, S.pd mengatakan masalah keanggotaan komunitas gugus mawar bagi guru yang belum masuk menjadi anggota agar mengirimkan no UKG nya.

“Sebelum kirim agar datanya di benari datanya karna masih banyak yang mampel sehingga tidak bisa masuk,”ucapnya.

Dariman menjelaskan yang akan di bahas dalam kegian KKG ini adalah Penguatan komunikasi belajar dan pembuatan soal UTS.

“Ini adalah tempat praktek yang baik, bisa menjadi komunikasi antar pengajar. Saya yakin bapak ibu sama seperti saya banyak yang belum tau Kurmer (Kurikulum Merdeka) silahkan komunikasi kepada pakarnya, lalu untuk pembuatan soal UTS dan pelaksaan pembuatan soal UTS ada dua macam yaitu Sekolah yang sudah peke Kurikulum Merdeka (Kumer) pake Kumer dan yang belum pake K13 serta yang sudah pake Kumer dan K13 buat dua – duanya sesuai dengan kelasnya masing masing”pungkasnya.

Selanjutnya Pengawas Sekolah Melakukan bimbingan dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Seluruh kepala sekolah Gugus Mawar 1, Guru pendidik dan anggota gugus mawar.

(Imam Suryadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *