• Sen. Apr 15th, 2024

FEALAC JVP 2023, City Tour,Disparekraf DKI Hadirkan Jurnalis Amerika Latin, Jurnalis Media Online ke Kota Tua dan Monas

Jakarta.swaradesaku.com. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif( Disparekraf )Provinsi DKI Jakarta mengahadirkan sejumlah Jurnalis dari Amerika Latin yang tergabung dalam kerjasama Asia Timur-Amerika Latin/The Forum for East Asia-Latin Amerika Cooperation ( FEALAC )Minggu 29/20/2023, mengunjungi Museum Sejarah di Kawasan KotaTua dan Monumen Nasional Jakarta.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan, menghadirkan para Jurnalis Asing ke Kota Tua dan Monas menjadi salah satu strategi dan langkah nyata Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengenalkan sejarah dan budaya Indonesia pada umumnya Kota Jakarta khususnya di mata dunia.

Kota Tua dan Monas adalah destinasi wisata sejarah dan destinasi budaya yang patut untuk diketahui dunia internasional” kata Andhika.

Oleh karenanya Andhika menambahkan, pada kegiatan City Tour FEALAC Jurnalists Visit Program (JVP )2023 Post-Event Program juga kita hadirkan awak Media Asing di kedua destinasi tersebut.

Hal senada disampaikan oleh Sherly Yuliana, selaku Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Disparekraf Provinsi DKI Jakarta sekaligus Plt, Kepala Unit Pengelola Kawasan Kota Tua, bahwasanya kawasan Kota Tua Jakarta
menjadi salahsatu destinasi wisata sejarah favorit bagi Wisatawan Mancanegara maupun Wisatawan Nusantara.

KotaTua ini sebuah kawasan bersejarah yang menjadi salah satu destinasi favorit para turis mancanegara maupun turis lokal dari semua usia,” ujar Sherly.

Kunjungan Awak Media Asing ke Indonesia tersebut merupakan salahsatu dari rangkaian kegiatan 21st FEALAC Jurnalists’ Visit Program(JVP)2023 yang telah diselenggarakan di Singapura pada 23-27/10/2023.

FEALAC Jurnalists Visit Program (JVP) 2023 Post Event Program diselenggarakan kementrian Luar Negri Republik Indonesia bekerja sama dengan Kementerian komunikasi dan Informatika dan Pemerintah Propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta yang akan dihadiri oleh peserta FEALAC JVP 2023 yang dilaksanakan di Jakarta pada 28-31 Oktober 2023 dalam bentuk kunjungan destinasi wisata sejarah, dialog jurnalis dan kinjungan media.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua sub Kelompok Pemasaran Pariwisata Luar Negri (PPLN)Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf)Provinsi DKI Jakarta Lucky Wulandari, menurutnya Jakarta City Tour FEALAC JVP 2023 Post Event Program menjadi sebuah peluang besar bagi pemasaran Pariwisata Jakarta dikancah Internasional, khususnya wisata sejarah dan budaya Kota Jakarta.

Perserta City Tour kali ini berasal dari para jurnalis Mancanegara, sehingga ini menjadi moment yang baik untuk lebih mengenalkan Kota Jakarta melalui pemberitaan yang akan mereka publikasikan di media mereka saat mereka kembali ke negaranya, jelas Lucky Wulandari.

Sejumlah jurnalis asing tersebut terdiri dari Brazil (Jessica Christine Maes)mewakili Surat kabar Folha de Sao Paolo, Luciana Toda Mori Monteiro mewakili Jornal da Record (TV), dari Chile (Eduardo Alberto Olivares Concha) Surat Kabar El Mercurio dan (Mario Luis Gonzales Lara) mewakili Panama America (Surat Kabar).

Selain para jurnalis asing dari Amerika Latin, Lucky menambahkan City Tour FEALAC JVP 2023 Post Event Program juga di ikuti oleh tujuh jurnalis dari Media Online yang tetgabung dalam Pokja Wartawan Kota Tua.

Ketujuh jurnalis tersebut yaitu Muzer dari Media Online Nasional Indonesia Media Center, Andi M Nirwansyah dari (Otoritas.co.id), Sugeng (Wartalika.id), Dani dari (Penaexspose), Thomas dari (Detiknews TV), Doni Ari Setiawan (Jaga kampung) dan Hariyanto (Swaradesaku).

Turut serta dalam rombongan (JVP) 2023 Post Event Program Jakarta City Tour, Afina Burhanudin selaku Koordinator Fungsi Kawasan Amerika Latin dan Karibia Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa, Kementrian Luar Negri Republik Indonesia beserta tiga staff Kemlu RI.

Seluruh Peserta FEALAC JVP Post Event Program City Tour pada Minggu 29/10/2023, selain mengunjungi Monumen Sejarah di Kawasan Kota , Monas peserta juga dikenalkan dengan Kuliner Khas Jakarta saat menikmati jamuan makan siang di Cafe Batavia Jakarta.

(Hariyanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *