• Jum. Mei 31st, 2024

Pembukaan TMMD ke 118 Kodim 0608/Cianjur 2023 Resmi di Buka, Mengusung Tema ” Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI Dan Rakyat Semakin Kuat “

Cianjur.swaradesaku.com.
TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 118 Kodim 0608/Cianjur di Desa Bungbangsari, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur, dengan tema ‘Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI Dan Rakyat Semakin Kuat’ resmi dibuka, Rabu (20/9/2023).

Pembukaan TMMD ke 118 tahun 2023 Kodim 0608/Cianjur dibuka langsung Bupati Cianjur Herman Suherman.

Hadir dalam pembukaan TMMD ke 118 Kodim 0608/Cianjur yang dilaksanakan di Lapangan Bina Raga Pasawahan Kampung Tugu RT 01/05 Desa Pasawahan, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur, Danrem 061/SK Brigjen TNI Anan Nurakhman, LO TNI AU Dam III/SLW Kolonel Lek Supriyadi, Aster Kasdam III/Slw Kolonel Arm Saripudin, Bupati Cianjur Herman Suherman, Dandim 0608/Cianjur, Letkol Inf M. Syaifuddin Fanany, dan tamu undangan lainnya.

Dalam TMMD ke 118 Kodim 0608/Cianjur, meliputi beberapa sasaran, yakni Fisik dan Non Fisik. Untuk sasaran fisik diantaranya betonisasi Jalan sepanjang 2.080 M dengan lebar 3 M, rehab Rutilahu sebanyak 2 unit dengan ukuran 6×4 m, rehab Mushola 1 unit, rehab Madrasah 1 unit, pembuatan MCK 1 unit, dan pembuatan Pos Ronda sebanyak 2 unit.

Sementara, untuk sasaran non fisik meliputi, Penyuluhan Wasbang, Penyuluhan Tibmas, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Perkebunan, Penyuluhan KB kes Posyandu, Stunting, Posyandu PTM, Penyuluhan Kesehatan, Penyuluhan UMKM, Penyuluhan Hukum.

Bupati Cianjur Herman Suherman dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada TNI dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan TMMD ke – 118 tahun anggaran 2023.

“Apresiasi juga saya sampaikan kepada para kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah Kabupaten Cianjur, sesuai dengan tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat”,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, bahwa TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, pemerintah daerah, dan segenap lapisan masyarakat sebagai salah satu langkah nyata guna mengatasi berbagai permasalahan yang kita hadapi.

“TMMD merupakan dukungan nyata TNI bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, TMMD juga merupakan implementasi komitmen TNI dan pemerintah daerah dalam melestarikan semangat dan budaya luhur kehidupan bermasyarakat kita, yaitu gotong royong,” katanya.

Program TMMD bukanlah semata membangun sarana fisik bagi masyarakat , tetapi juga membangun SDM, mental dan semangat masyarakat agar mampu mengelola potensi yang ada serta memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi setiap ancaman dan tantangan.

“Saya berharap, melalui TMMD ini, soliditas dan sinergitas antara TNI, Polri, Pemda, dan masyarakat juga dapat senantiasa terjalin erat, selama maupun setelah program ini berlangsung,” ungkapnya.

Semangat dan kontribusi nyata dari TNI, Polri, Pemda, dan masyarakat yang manunggal dan harmonis akan mewujudkan mimpi kita untuk mampu berdaya saing maju, dan sejahtera, serta menghalau berbagai permasalahan bangsa yang menerpa.

Selian itu, pihaknya juga mengharapkan agar dipelihara terus semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat, dengan membantu dan mendampingi agar mereka aktif memberikan kontribusi dalam pelaksanaan pembangunan di desa.

“Bangkitkan dan pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah mengakar dengan baik di masyarakat. Kepada para prajurit TNI dan anggota POLRI yang tergabung dalam satgas TMMD, jalin terus silaturahmi dan hubungan baik dengan masyarakat dan bersama mereka melaksanakan kegiatan TMMD.

(Pendim 0608/Cianjur/Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *