Program Kotaku Bagi Warga Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Direalisasikan Di Desa Gunungsindur

Bogor.swaradesaku.com.Program Kotaku merupakan pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat untuk mendukung program 100-0-100 yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak. Program Kotaku merupakan salah satu program padat karya tunai (PKT) yang dilaksanakan melalui Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR bersinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan kelompok masyarakat untuk melakukan perbaikan kualitas kawasan permukiman kumuh di perkotaan.

Di tengah kondisi pandemi virus Covid-19, program Kotaku dioptimalkan untuk mencegah penyebaran virus tersebut hingga tingkat RW dan RT. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan program Kotaku merupakan wujud kolaborasi antara Kementerian PUPR dan Pemda dalam mendorong dan memberdayakan masyarakat, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya. Program Kotaku menjalankan program reguler seperti perbaikan saluran drainase, perbaikan jalan lingkungan.

Seperti kita ketahui Program Kotaku di wilayah Kabupaten Bogor hanya turun di 7 desa di 7 Kecamatan se Kabupaten Bogor.

Dan untuk Kecamatan Gunungsindur yang mendapatkan bantuan dari Kementrian PUPR melalui Program Kotaku hanya Desa Gunungsindur saja.

Melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Maju Bersama yang disahkan melalui Notaris Yaseer Arafat No. 36, 13 Juli 2020 (Koord. Ketua: Sulaiman, Sekretaris: Aep Nasrudin, Dewan Pengawas: Dudi M, Anggota: Hendrik, Dakim, Dede, Nuraeni, Oyen, Lia, Sodik, Obih. S, UPK: Rima. M, UPL: Bambang. S, UPS: Acep, KSM: Masyarakat: KSM I: Koordinator M. Nasir, Sekretaris: Idi Suhandi, Bendahara: Unan Panji, KSM II: Koordinator: Mirta, Sekretaris: Ariyanto Wijaya, Bendahara: Wiyah), dengan pengawasan Tim Fasilitator (Ketua Koordinator: Jajang Ruswandi, Wagiman, dan Dicky) pada Selasa, 6 Oktober 2020 menggelar beberapa titik pembangunan infrastruktur di Kp. Cimangir Rt. 03/Rw. 04 Ds. Gunungsindur (3 Rt).

Pembangunan sebanyak 4 titik, yaitu: 1) Jalan Beton: 350 m x 2,5 m x 0,12 m. 2) Jalan paving blok: 250 m x 1,5 m x 0,06 m. 3) Drainase: 300 m x 0,,3 m x 0,05 m, serta pembuatan gapura.

Bantuan Pemerintah Masyarakat:
Cimangir I Rp.515.000.000,-
Cimangir II Rp. 480.000.000,-
BOP BKM Rp. 5.000.000,-
Jumlah: Rp. 1.000.000.000,-
Swadaya:
Cimangir I : Rp.31.1000.000-
Cimangir II : Rp.37.000.000,-

Waktu pelaksanaan dimulai 6 Oktober 2020 s/d 21 Desember 2020. Pelaksana: KSM Mirta. Tenaga kerja: 20 orang (padat karya).

Sementara itu menurut penjelasan Tim Fasilitator, pencairan dana 2 tahap, tahap I 70%, dan tahap II 30%. Pelaksanaan kegiatan saat ini adalah pembangunan dari yang 70%.

Saat awak media swaradesaku.com turun bersama Sekretaris BKM Aep Nasrudin (Sabtu,17 Oktober 2020), telah hadir Kepala Desa Gunungsindur Deden yang dengan serius menyaksikan pengerjaan Program Kotaku tersebut.

“Bagaimana dengan Program Kotaku yang didapatkan Desa Gunungsindur?” Tanya awak media pada Kepala Desa yang ramah dan murah senyum ini.

“Saya apresiasi pada Kementrian PUPR, melalui Program Kotaku telah memberikan bantuan beberapa titik pembangunan infrastruktur di wilayah Rw. 04 di wilayah 3 Rt. Warga kami yang masuk kategori MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) memang sangat membutuhkannya, sehingga kemudian mengajukannya ke Kementrian PUPR. Syukur alhamdulillah pengajuan disetujui dan telah direalisasikan, kini dalam tahap pengerjaan. Selama ini pengerjaan pembangunan berjalan dengan lancar tanpa ada kendala sama sekali,” ucap Kepala Desa Deden dengan wajah sumringah.

Sekretaris BKM Aep Nasrudin menjelaskan pada swaradesaku.com “Pembangunan Program Kotaku ada di Rt.01 yaitu pembuatan jalan paving block, Rt. 02 pembangunan jalan paving block, drainase dan betonsasi jalan. Dan di Rt. 03 jalan paving block, drainase, betonisasi jalan, juga pembangunan gapura.” (Rudi Erik/Agustion)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *