Camat Panimbang H.Kosasih,SKM,M.Si : Satgas Covid-19 Kecamatan Lakukan Tes Swab Bagi Aparatur Desa Dan Masyarakat

Pandeglang.swaradesaku.com.Berdasarkan Surat Edaran Sekertariat Daerah (Sekda) Kabupaten Pandeglang Nomor 2309/P2P/Dinkes/IX/2020 tentang Skrining Swab ditandatangi H.Fery Hasanudin,SH,MH target Kecamatan Panimbang sebanyak 100 orang dengan pelaksana swaber Puskesmas Panimbang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Panimbang, Selasa (13/10).

Camat Panimbang H.Kosasih,SKM, M.Si mengatakan di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid 19) penularannya semakin dekat dengan lingkungan sehari hari.

Untuk memastikan tubuh ini aman dari paparan virus Pemda Pandeglang berupaya melakukan tes swab, baik mandiri atau swadaya secara gratis di masing masing Kecamatan.

Program ini untuk sementara, kata Camat Kosasih di targetkan bagi aparatur Pemerintah Desa se Kecamatan Panimbang dan masyarakat secara gratis.

Namun dari target 100 Orang ternyata responbilitynya sangat jauh dari harapan.

” Umumnya mereka merasa ada ketakutan memeriksakan diri, padahal ini penting mengetahui bahwa dirinya terkena positif atau negatif Covid- 19 dan layanan ini gratis lagi.” katanya

Camat H.Kosasih juga mengatakan sosialisasi dan surat pemberitahuan ke Kepala Desa sudah diberitahukan sebelumnya, tapi mereka tidak datang.

Sementara itu Kepala.Puskesmas Panimbang Wahyudin,S.Kep.Ners dari hasil pemeriksaan yang dilakukan instansinya siang tadi (13/10) di Kantor Kecamatan Panimbang baru  mencapai 18 orang dari target 100 orang,

Wahyudin juga mengatakan ke 18 orang ini hasilnya akan dikirim ke Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang untuk dites di Laboratorium Propinsi Banten, mungkin baru dapat diketahui hasilnya 3 – 4 hari.

Lebih jauh Wahyudin mengatakan, Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang UPT Puskesmas Panimbang dapat memberikan dan pelayanan serta penanganan Covid-19 gratis berbasis data, termasuk fasilitas tes usap / swab bagi masyarakat yang punya kontak erat dengan pasien positif corona maupun tes swab mandiri. Ujarnya***

Reporte : Eli A Hambali

Editor : Yudhiestira Nugraha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *