Bogor. Swaradesaku.com. Warga Desa Srogol menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari anggaran dana desa 2020. Pemerintah Desa Srogol Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor, mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) 2020.

Penyaluran BLT Dana Desa ini berdasar Perubahan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Peraturan ini diubah menjadi Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020.

Perubahan peraturan ini ditujukan untuk mengatur penggunaan Dana Desa guna mendukung pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19. Selain itu, peraturan ini juga memuat aturan Padat Karya Tunai Desa dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Dana Desa).

Kades Srogol Asep Irwan Kuswara (Uca), menjelaskan, ada 125 KK warga yang menerima BLT dana desa. Dana desa ini kita berikan selama tiga bulan sebagai bantuan kepada masyarakat, kata Uca, Jumat (22/5).

Uca menuturkan, sasaran penerima BLT paling utama tentu saja keluarga miskin non Program Keluarga Harapan (PKH) atau masyarakat yang menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Selain itu, BLT juga akan diberikan pada masyarakat yang belum mendapatkan manfaat Kartu Prakerja, kehilangan mata pencaharian, belum terdata (exlusion error) dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis.

“Kita berharap bantuan ini dapat membantu masyarakat ditengah pandemi Covid-19 ini,” harapnya.

Dia menjelaskan, penetapan penerima BLT ini berdasarkan musyawarah desa yang dihadiri oleh pihak RT/RW, Kadus, BPD, LPM, Babinsa, Babinkantibmas dan lainnya. Sehingga menurut Jaro Kahfi, validasi data benar-benar dilakukan dari bawah.

“Kami pemerintahan desa Srogol mengucapkan terima kasih kepada ketua RT dan RW se desa Srogol atas kerjasamanya
Semoga kegiatan ini memberikan manfaat untuk warga di wilayah masing masing”.

Sementara, salah satu penerima BLT Anah mengaku, sangat terbantu dengan adanya bantuan ini. “Sangat-sangat terbantu, apalagi kondisinya ditengah Covid-19 ini,” kata Wiwi, usai mengambil dana BLT.

Menurut dia, BLT yang diberikan akan digunakan untuk membeli sembako dan kebutuhan lainnya. “Terima kasih ke pihak Desa dan perangkat sudah memberikan bantuan ini. Sangat-sangat bermanfaat,” tutupnya.

Reporter : Ade Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *