Antisipasi Banjir Warga Bandulan Bersihkan Sungai

Malang.swaradesaku.com.Aksi bersih – bersih sungai dilakukan ratusan warga Rw.04 Kelurahan Bandulan Kecamatan Sukun Kota Malang.

Aksi tersebut dilakukan di 5 titek lokasi, salah satunya sungai metro.

Kegiatan tersebut di dukung oleh bererapa unsur yang meliputi petugas gabungan dari Koramil, Polsek Sukun, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Komunitas Konco Nongkrong (KKN), Linmas, Elemen Kelurahan Tangguh, Ibu – Ibu PKK, serta Karangtaruna dan warga sekitar membersihkan berbagai sampah, pohon yang ambruk di daerah aliran sungai. Minggu (24/11/19).

Tidak ketinggalan dari kegiatan,Perum Jasatirta juga ikut andil menyumbangkan beberapa bibit tanaman pohon yang di serahkkan langsung oleh warga sekitar yang di wakili oleh Bapak H.Tukudi.

Di tempat yang sama, Lurah Bandulan, Dian Sonyalia Catur Lina, mengatakan, Kegiatan bersih sungai selama dia menjabat baru kalipertama di lakukan bersih sungai, tetapi nanti arahnya tidak hanya di Rw.4 saja, masih ada beberapa titik lokasi lain yang akan kami lakukan di Rw – Rw lainya, seperti di Rw.6 dan Rw.03 Kelurahan Bandulan.” Tegas Wanita yang baru 5 bulan menjabat sebagai Lurah Bandulan ini.

Tidak hanya itu, Lurah Bandulan Juga turut dalam kerja bakti dan mengapresiasi program bersih kali yang diinisiasi Elemen Kelurahan Tangguh.

Pihaknya mengaku, pembersihan kali sejalan dengan program pemerintah daerah untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan aman bencana sehingga tercipta lingkungan sehat indah dan asri.

Masih di tempat yang sama, Ketua Kelurahan Tangguh di bawah naungan BPBD, Suyitno. mengatakan, “Beberapa titik daerah aliran sungai di Bandulan perlu mendapatkan perhatian serius dari semula elemen, pembersihan kali ini adalah tanggung jawab kita bersama, karena erat kaitannya dengan kesadaran masyarakat dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan bersih dan bisa menjadi wahana wisata,” Ujarnya.

Di tempat yang berbeda, Ketua Rw.04 Budi Prayitno mengatakan, memang ada beberapa titik sungai yang kondisinya itu banyak sampah, ini kalau tidak dibersihkan rawan menghambat aliran sungai, sehingga berpotensi banjir. Untuk sekarang mumpung belum datang musim hujan, tapi di saat musim hujan tiba alirannya cukup besar dan menyulitkan. Pembersihan secara massal tersebut sekaligus juga sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat yang ada di sekitar sungai agar ikut menjaga daerah sekitarnya dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Kami ajak warga sekitar agar masyarakat juga merasa memiliki tanggungjawab atas sungai di sekitarnya. Dengan ikut kerja bakti seperti ini mereka tidak asal buang sampah di sungai,” Ucap Ketua Rw.04 dua periode ini.

Pihaknya berharap kondisi kali yang bersih dari sampah bisa menghindarkan masyarakat dari berbagai bahaya. Mulai dari bencana banjir, penyebaran penyakit maupun kondisi lingkungan yang kumuh,”Pungkasnya.(Hariyanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *