• Sel. Apr 16th, 2024

Sekda Burhanudin Ucapkan Selamat Kepada 30 Capaska Terpilih

Bogor.swaradesaku.com. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengucapkan selamat kepada 30 orang Calon Paskibraka (Capaska) yang lolos seleksi, dan mengikuti kegiatan Pemusatan Pendidikan Dan Pelatihan (Pusdiklat) Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2023.

Hal tersebut ia katakan saat mewakili Plt. Bupati Bogor, membuka kegiatan Pusdiklat Paskibraka tahun 2023, di Hotel Grand Pesona, Caringin, Rabu (9/8). Hadir pada acara tersebut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), perwakilan Forkopimda Kabupaten Bogor, perwakilan Lanud Atang Sendjaja, para pamong, pelatih, fasilitator Pusdiklat Paskibraka, ketua serta jajaran pengurus dan anggota Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Bogor.

Sekda Burhanudin menjelaskan, program pembentukan Paskibraka tahun 2023 ini dilaksanakan dengan mekanisme yang sangat ketat dan transparan. Seluruh tahapan seleksi dilakukan menggunakan aplikasi transparansi Paskibraka yang berlaku secara nasional, serta diawasi langsung oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

“Saya ucapkan selamat kepada adik-adik sekalian yang telah lulus seleksi sebagai calon Paskibraka. Paskibraka tentunya merupakan orang-orang pilihan yang berjiwa kepemimpinan dan ini merupakan sebuah prestasi,” kata Burhanudin.

Burhanudin menambahkan, tahun 2023 ini merupakan tahun pertama pelaksanaan pembentukan Paskibraka dengan sistem yang baru sesuai Peraturan Presiden nomor 51 tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Perubahan peraturan terkait program Paskibraka ini juga berimplikasi kepada tugas dan kewajiban Paskibraka. Sebelumnya dilakukan hanya sampai dengan upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Namun dengan peraturan baru ini pelaksanaan tugas Paskibraka dimulai sejak upacara peringatan Kemerdekaan RI dan diakhiri pada saat upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun berikutnya. Para Paskibraka juga berkewajiban melaksanakan tugas-tugas lain yang diminta oleh negara,” ujar Burhanudin.

Ia berpesan, untuk mengikuti diklat ini dengan sungguh-sungguh. Taati instruksi pembina, fasilitator, pelatih dan pamong. Jaga sikap dan perilaku, jaga nama baik sekolah, orang tua atau wali, serta Kabupaten Bogor. Baik selama program Paskibraka, maupun nanti setelah kembali ke sekolah dan ke masyarakat.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bogor, saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada tim seleksi, fasilitator, pelatih dan pamong, yang berperan dalam memilih, mendidik, melatih, serta membina adik-adik calon Paskibraka demi terbentuknya Paskibraka Kabupaten bogor yang tangguh, berkualitas dan berkarakter Pancasila,” tutur Sekda Burhanudin.

Selanjutnya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bogor, Bambang W. Tawekal mengungkapkan, penyelenggaraan kegiatan ini merupakan salah satu dari tiga tahapan pembentukan Paskibraka Kabupaten Bogor tahun 2023.

“Capaska yang hadir saat ini berjumlah 30 orang yang terpilih dari sekitar 1.296 pendaftar dari tingkat SLTA sederajat di wilayah Kabupaten Bogor,” ungkap Bambang.

Bambang menerangkan, mereka akan mengikuti kegiatan Pusdiklat Paskibraka mulai tanggal 9 hingga 18 Agustus 2023 di Hotel Grand Pesona dan Lapangan Tegar Beriman. Tujuannya untuk membentuk sikap disiplin, menjunjung tinggi nilai kebangsaan, cinta tanah air, persatuan dan kesatuan, serta peningkatan wawasan kebangsaan.

“Memiliki karakteristik serta jiwa Pancasila dan UUD 1945, memiliki sikap kepemimpinan, patriotisme, nasionalisme, dan cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Melestarikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, serta memiliki kemampuan teknis Paskibraka,” terangnya.

(TIM KOMUNIKASI PUBLIK / DISKOMINFO KABUPATEN BOGOR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *