Posyandu Ds. Cihowe Kec. Ciseeng Berikan Vitamin A Kepada Balita Dimasa Pandemi Covid- 19

Bogor.swaradesaku.com.Selama ini tidak sedikit masyarakat yang hanya mengenal manfaat vitamin A untuk kesehatan mata. Namun sebenarnya selain membantu indera penglihatan, vitamin A juga memiliki deretan manfaat lain yang tak kalah penting bagi tubuh. Vitamin A terdiri dari dua jenis, yaitu retinoid yang berasal dari produk hewani dan beta karoten yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Selain bermanfaat untuk mata, ternyata substansi ini juga bisa menjaga kekebalan sekaligus pertumbuhan tubuh.

Salah satu jenis atau turunan dari vitamin A, retinoid dikenal sebagai kandungan dari obat yang diresepkan dokter untuk mengatasi jerawat dan gangguan kulit lainnya.

Vitamin A juga dapat diberikan secara oral untuk sakit campak dan mata kering bagi mereka yang kekurangan vitamin A. Menekan risiko komplikasi penyakit campak.

Karena dirasakan betapa pentingnya vitamin A bagi kesehatan anak balita, dimasa wabah Covid 19 yang masih juga belum dapat dilenyapkan, maka hasil pertemuan antara Bidan Desa Cihowe Fredita Rani Handaka Putri Amd. Keb dengan TP. PKK Awinah pada beberapa waktu lalu, membicarakan kegiatan posyandu yang terhenti karena mewabahnya corona di seluruh Indonesia, hari Selasa (18 Agustus 2020) di kantor Desa Cihowe Kec. Ciseeng dilaksanakan kegiatan pemberian vitamin A kepada anak balita.

Kegiatan posyandu yang sempat terhenti digelar di Kantor Desa Cihowe dihadiri oleh Ketua TP. PKK Awinah yang juga isteri Kepala Desa Wahyudin, serta para kader Anggrek 3: Sahara, Hartini, Ros, Herlinah, Liyah. Anggrek 4: Sarnah, Arnah, Nurlela, Rahma, Nayati. Anggrek 5: Nuriyah, Nurjanah, Nunung Rukamah, Nasah, dan Nurul Istiqomah.

Usai memberikan vitamin A kepada balita, pada kesempatan yang ada, bidan yang akrab dipanggil Dita itu menjelaskan kepada para ibu yang membawa anaknya yang balita: “Vitamin A memiliki beragam manfaat yang diperlukan oleh tubuh manusia, diantaranya: Mencegah dan mengobati gejala kekurangan vitamin A. Kemungkinan memperlambat perjalanan penyakit mata yang memengaruhi retina. Mendukung sistem imunitas tubuh bekerja lebih optimal dalam menghalau infeksi, juga menjaga kulit tetap sehat.” (Rudi Erik/AT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *