Bogor.swaradesaku.com.Mengantisipasi informasi terkini terkait pandemi Covid-19 di Kabupaten Bogor, yang kemungkinan berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, serta untuk pencegahan penularan Covid-19 di Kecamatan Cigombong, perlu dilakukan antisipasi penyebaran dampaknya dengan langkah cepat, tepat, fokus, terpadu dan sinergitas antar lintas sektor terkait.

Maka pada hari ini Kamis (28/05) bertempat di Aula Kantor Kecamatan Cigombong, Langkah Cepat gelar Rapat Evaluasi Penanganan Covid 19.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam bentuk rapat internal terbatas yang dihadiri, Camat, Danramil, Kapolsek, Kepala Puskesmas, kepala Seksi, Kepala Desa dan Ketua MUI.

Sambutan, PLT. Camat Cigombong, Drs. Asep Achadiat Sudrajat, M.Pd mengatakan perlu ketegasan dalam memerangi Covid -19 ini, Dengan begitu pihaknya meminta agar Pemerintah Desa se Kecamatan Cigombong dapat berperan aktif dalam mensosialisasikan pencegahan dan penanganan Covid -19 kepada masyarakat.

Paparan Kepala Puskesmas Kec. Cigombong terkait kasus dan penanganan Covid 19 di Kec. Cigombong
Danramil dan
Kapolsek: terhitung 1 Juni 2020 diadakan giat Mendisiplinkan Masyarakat sesuai dengan Protokol Penanganan Covid-19 di tempat-tempat umum (mini market, pasar, puskesmas, stasiun KA, pabrik, jalan raya, dan lainnya).

Hasil keputusan rapat internal terbatas;

1) penegakan disiplin pemakaian masker, cuci tangan, jaga jarak, cegah kerumunan.

2) Untuk hal di atas para Kepala Desa siap mengintervensi pengadaan masker, pengadaan tempat cuci tangan di tempat umum, membubarkan kerumunan, memberikan contoh denah duduk di kantor Desa.

3) Memberdayakan kaum perempuan untuk membuat lumbung-lumbung pangan di RT, RW, dan Desa secara gotong royong melalui Gerakan MELATI (Melalui Tangan Ibu-ibu) dengan KTT Kegiatan Tengok Tetangga.

Untuk memudahkan gerakan ini, akan ditempatkan satu orang kader perempuan disetiap 10 rumah (Dasa Wisma) untuk memantau kondisi sosial dan ekonomi warga.

Gerakan MELATI akan dipimpin oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Cigombong, didampingi oleh Ketua Ibu-ibu Bhayangkari, Ketua Persit Kartika Candra, Ketua BKMT, dan Para Ketua Ormas Perempuan Kecamatan Cigombong, Kader muda wanita yang tergabung di KNPI, Karang Taruna, serta para pekerja sosial, dan pendamping Desa,dan lainnya.

Di tingkat Desa hingga RT dipimpin oleh Ketua TP PKK Desa dibantu oleh para kader perempuan yang meliputi kader pos yandu, PKK Desa, BKMT Desa,Karang Taruna, pekerja sosial, dan pendamping Desa.

  1. Untuk ketahanan pangan Desa, sebagai program jangka panjang akan dilaksanakan pelatihan pertanian modern bagi kaum wanita, santri salafiyah dan para pemuda di taman teknologi pertanian (TTP) Cigombong.( Ade arfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *