Pembangunan Gedung Posyandu Desa Jampang Kec Gunungsindur

    Bogor, swaradesaku.com. Posyandu adalah pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dan keluarga berencana.

    Sementara itu tujuan didirikannya posyandu antara lain:
    Menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas. Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB, juga kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera. Berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga sejahtera.

    Karena sangat dirasakan pentingnya kesehatan bagi ibu hamil anak balita, maka pada hari Sabtu, 29 Juni 2019 dimulai pembangunan gedung posyandu yang letaknya di Rt. 001/ Rw. 01 Kp. Jampang Ds. Jampang Kec. Gunungsindur, tepatnya di samping kantor Pemerintah Desa Jampang.

    Ketika awak media menemui Sekdes Pepen, dengan ditemani Yeni, Faqih, dan Ucok, ia menjelaskan bahwa pembangunan gedung posyandu berukuran Panjang 6 meter dan Lebar 5 meter tersebut menggunakan anggaran Dana Desa Tahap I sebesar Rp. 120.677.000,- (sudah termasuk Pajak). Dan pembangunan dilaksanakan oleh Ketua TPK Wawan, anggota Amu, Haerudin serta Ucok. Pekerjaan dilaksanakan selama 26 hari.

    Menurut Sekdes Pepen yang mewakili Kepala Desa Maman Suherman, mengatakan kalau masyarakat Ds. Jampang sangat mendambakan gedung posyandu, karena dirasakan selama ini pelayanan bagi ibu hamil dan juga anak balita masih sangat kurang.

    “Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, dan diare pada balita,” pungkas Sekdes Pepen yang diamini oleh Yeni. (Agustion)

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *