Pembangunan Gedung Posyandu Bunga Mekar 01 Di Ds Cibentang Kec Ciseeng

    Bogor. swaradesaku.com. Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar/sosial dasar untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.

    Posyandu yang terintegrasi adalah kegiatan pelayanan sosial dasar keluarga dalam aspek pemantauan tumbuh kembang anak. Dalam pelaksanaannya dilakukan secara koordinatif dan integratif serta saling memperkuat antar program dan kegiatan untuk kelangsungan pelayanan di Posyandu sesuai dengan situasi/kebutuhan lokal yang dalam kegiatannya tetap memperhatikan aspek pemberdayaan masyarakat.

    Dirasakan betapa perlunya pelayanan kepada warga, maka Pemerintah Desa Cibentang Kec. Ciseeng yang kini dipimpin oleh Kepala Desa Pjs. Sakur yang melaksanakan pembangunan gedung Posyandu Bunga Mekar 01 yang berada di wilayah Kp. Cibentang Rt 004/001.

    Sekdes Endang ditemani Ketua TPK Haerul Saleh, Achyarudin dan Acoek Soetanto, saat ditemui awak media di lokasi pembangunan yang bersebelahan dengan kantor desa menjelaskan bahwa luas bangunan yang dikerjakan adalah: Panjang 11 m x 4,2 m, biaya berasal dari Dana Desa sebesar Rp. 109.645.000,- dikerjakan selama 40 hari kalender. (sudah termasuk pajak).

    Kata Sekdes Endang kembali, adapun manfaat posyandu bagi masyarakat adalah memperoleh kemudahan untuk mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan bagi anak balita dan ibu, pertumbuhan anak balita terpantau sehingga tidak menderita gizi kurang atau gizi buruk. Bayi dan anak balita mendapatkan kapsul Vitamin A, bayi memperoleh imunisasi lengkap, ibu hamil juga akan terpantau berat badannya dan memperoleh tablet tambah darah serta imunisasi TT, ibu nifas memperoleh kapsul vitamin A dan tablet tambah darah serta memperoleh penyuluhan kesehatan yang berkaitan tentang kesehatan ibu dan anak.

    “Bagi Kader sendiri mendapatkan berbagai informasi kesehatan lebih dahulu dan lebih lengkap. Ikut berperan secara nyata dalam tumbuh kembang anak balita dan kesehatan ibu. Citra diri meningkat di mata masyarakat sebagai orang yang terpercaya dalam bidang kesehatan menjadi panutan karena telah mengabdi demi pertumbuhan anak dan kesehatan ibu.” Pungkas Sekdes Endang pada awak media. (Agustion/Doni.R)

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *