Ds Cihowe Laksanakan Pembuatan Tembok Penahan Tanah Di Kp Cihowe

    Bogor. swaradesaku.com. TPT adalah suatu bangunan yang berfungsi untuk menstabilkan kondisi tanah tertentu pada umumnya dipasang pada daerah tebing yang labil. Jenis konstruksi antara lain pasangan batu dengan mortar, pasangan batu kosong, beton, kayu dan sebagainya.

    Fungsi utama dari konstruksi penahan tanah adalah menahan tanah yang berada dibelakangnya dari bahaya longsor akibat :

    1. Benda-benda yang ada atas tanah (perkerasan & konstruksi jalan, jembatan, kendaraan, dll).
    2. Berat tanah.
    3. Berat air (tanah). Atau dengan kata lain merupakan pasangan batu yang dilekatkan dengan campuran semen, pasir dan air untuk melindungi tebing dari keruntuhan tanahnya.

    Mulai hari Kamis tanggal 20 Juni 2019, pemerintah Ds. Cihowe yang kini dipimpin oleh Kepala Desa Pjs Tajudin S.Sos melaksanakan pembuatan Tembok Penahan Tanah (TPT) di 3 titik di Kp. Cihowe.

    Ketika awak media turun ke lokasi pengerjaan TPT diantar oleh Rw. Tholib, Suhandi dan Edi Bohar, tampak puluhan pekerja sibuk menyusun batu kali diatas tanah kemiringan. Sementara Suhandi dengan peluh karena terbakar matahari tetap mengawasi jalannya pembuatan TPT tersebut.

    Menurut Suhandi, pembuatan TPT di 3 titik adalah:
    1. Di Rt. 01/01 Kp. Cihowe dengan volume 181 x 1 x 0,40 m, biaya dari Dana Desa tahap I sebesar Rp. 72.110.000,-(sudah termasuk pajak).
    2. Rt. 04/01 Kp. Cihowe dengan volume 27 x 1 x 0,40 m, biaya dari Dana Desa tahap I sebesar Rp.13.090.000,-(sudah termasuk pajak).
    3. Rt. 04/01 Kp. Cihowe dengan volume 34 x 1 x 0,40 m, biaya dari Dana Desa tahap I sebesar Rp. 15.934.785,-(sudah termasuk pajak).

    Dengan dibangunnya TPT di Kp. Cihowe maka jalan desa yang lebih tinggi dari rumah penduduk di sana akan lebih kokoh dan aman dari kelongsoran, demikian harapan Suhandi yang ditemani Edi Bohar dan Rw Tholib. (Agustion/Doni.R)

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *