Ketua Karang Taruna Ds. Jabon Mekar Budidayakan Ternak Tikus Putih

    Bogor, swaradesaku.com. Sebagian masyarakat masih menganggap tikus sebagai binatang kotor pembawa penyakit. Namun di tangan pemuda sekaligus Ketua Karang Taruna Ds. Jabon Mekar Kec. Parung Ruby Falahadi, tikus-tikus itu justru dibudidayakan dan hasil setiap bulannya cukup lumayan, mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah.

    Ketua karang taruna dan sekaligus pembudidaya tikus putih Ruby Falahadi mengatakan tidak ingin mengandalkan penghasilan sebagai karyawan swasta saja. Di rumahnya, di Rt. 004/ Rw. 05, Ds. Jabon Mekar, Kec. Parung ia membudidayakan tikus putih dan juga memelihara tanaman hias.

    “Saya tidak mau hanya berdiam diri di rumah setelah pulang kerja. Saya selalu berusaha mencari kesibukan membuat usaha sampingan di rumah,” ujar Ruby ketika ditemui awak media pada hari Minggu lalu (26/05/2019).

    Tikus putih hasil budidaya itu biasanya dibeli kelompok akademisi yang mengambil jurusan Biologi dan Kedokteran untuk bahan penelitian di sejumlah universitas di Indonesia. Selain itu pembelian juga datang dari komunitas penyayang reptil.

    Menekuni budidaya tikus putih ujar Ruby yang penting telaten. Setiap pagi dan sore, harus dikontrol sekaligus dipastikan ketersediaan makanan dan minumannya. Kandang harus sering dibersihkan dan diganti sekam sebagai alas kandangnya.

    “Kalau dibersihkan, tikusnya harus dikeluarkan dulu. Setelah bersih baru dimasukkan kembali,” ujar pemuda yang sering disapa akrab Kang Ruby menutup percakapannya dengan swaradesaku.com. (Agustion)

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *