UMKM Kec. Ciseeng dan TK Permata Hati Berbagi Takjil Di Ds. Babakan Kec. Ciseeng dan Masjid As Surrur Candraloka Perum Kahuripan

    Bogor, swaradesaku.com. Berdasarkan hadist Nabi para ulama menyimpulkan dengan membuat istilah ‘sunah takjil’ yaitu sunah menyegerakan berbuka puasa dahulu ketika azan maghrib tiba sebelum mengerjakan yang lainnya seperti berwudhu, shalat maghrib, shalat sunah dan lain-lain. Bukan dalam arti mendahulukan makan kemudian menunda solat maghrib sampai akhir waktu tapi buka puasa sesegera mungkin.

    Selain dengan takjil, berbuka puasa dengan kurma atau air putih pun merupakan sunah nabi. Dari Anas bin Malik ia berkata : “Adalah Rasulullah berbuka dengan Rutab (kurma yang lembek) sebelum shalat, jika tidak terdapat Rutab, maka beliau berbuka dengan Tamar (kurma kering), maka jika tidak ada kurma kering beliau meneguk air”. (Hadits riwayat Ahmad dan Abu Dawud)

    Akan tetapi pengertian kurma kemudian bergeser lebih luas lagi menjadi “yang manis-manis” seperti kolak, buah-buahan, sirup dan panganan manis lainnya padahal khasiat dan faedah berbuka dengan buah kurma berbeda dengan kolak dan sejenisnya.

    Untuk memenuhi penyegeraan bagi masyarakat yang telah menunaikan ibadah puasa, dengan niat baik dan imbalan pahala yang besar, maka para Kader UMKM Kec. Ciseeng yang diketuai Eliyah, dengan dibantu Usep sebagai penggerak UKM Ds. Babakan, Irfan, Kamal, Nano, Desi, Lilis, Munawaroh, Widi, dan Dahlia sudah beberapa kali menggelar membagikan makanan untuk membatalkan puasa (sekarang lebih populer dengan takjil) kepada masyarakat Ds. Babakan serta pelintas jalan (Sabtu, 18 Mei 2019).

    Dengan penuh semangat, senyum menghias wajah berjilbab, Eliyah dan kader lainnya bersukacita melayani warga yang melintasi jalan tepat si depan Masjid Al Hasanah Ds. Babakan Kec. Ciseeng, dibantu oleh para kaum pria yang ikhlas membantunya.

    Eliyah menjelaskan kepada Swaradesaku.com kalau pemberian takjil ini sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelum bulan Ramadhan. Dan dananyapun dikumpulkan secara urunan dari para kader UKM Ds. Babakan dan juga UKM desa lain se Kec. Ciseeng. Sementara UKM Tauge menyumbangkan takjil bubur kacang hijau.

    Sementara itu, Pt. Wings Food dan Dua Kelinci juga ikut berbagi kepada warga yang ingin menyegerakan berbuka puasa dengan membagikan produk-produknya diantaranya mie, kopi, kacang, dan pilus.

    Produsen makanan tersebut bekerjasama dengan Sekolah TK Permata Hati yang digelar di Masjid As Surrur Candraloka Perumahan Kahuripan Kec. Kemang.

    Dengan penuh semangat Kepala Sekolah TK Permata Hati Hj. Rina Rusmala dengan dibantu guru-guru Euis Fitriah, Titiek Trisnowati, Sinta dan Rina Budiarti melayani warga yang begitu antusias menerima takjil yang disediakan Wings Food dan Dua Kelinci.

    Semoga apa yang mereka lakukan akan semakin mengokohkan keimanan umat muslim yang tengah beribadah puasa. Dan mereka yang melayani masyarakatpun memperoleh pahala, begitu pula perusahaan yang memproduksi berbagai makanan halal kian bertambah sukses. Amin (Agustion)

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *